Kamis, 11 Maret 2010

komodifikasi

komodifikasi

komodifikasi: kegunaan dari suatu objek yang mempunyai daya jual untuk dipertukarkan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.
analisa komodfifikasi dalam sinetron realigi di tpi
pada awalnya tpi merupakan stasiun pertama yang menayangkan program acara sinetron realigi seperti rahasia ilahi, misteri ilahi, takdir ilahi. ke tiga tayangan ini berhasil menarik perhatian khalayak, penikmat televisi untuk terus mengikuti setiap acara tersebut di tayangkan di tpi. Tpi merupakan stasiun yang pertama sukses menayangkan acara tersebut sehingga tidak heran diikuti dengna stasiun tv lain dengan menayangkan acara serupa yaitu program religi yang mengemaasnya dengna mencampurkan unsur mistis di dalamnya yang tak heran akan menjadi komoditas yang menarik bagi media penyiaran tv seperti pendahulunya yaitu stasiun tv Tpi. Akan tetapi tanpa mereka sadari telah melakukan hal yang menyalahi aturan karena telah menjadikan agama menjadi suatu komoditas yang dapat mengais keuntungan yang besar. Yang mereka pikir hanya keuntungan tanpa mengingat kesalahan yang dilakukan mereka karena telah mengemas tayangan agama dengabn kisah mistis yang dapat menimbulkan asumsi atau anggapan bahwa betapa kejamnya dunia ini atau betapa bahayanya hidup di dunia ini karena banyak jin,setan,dsb mengintari kehidupan kita. Akan menjadikan salah persepsi apabila penikmatnya ber SDM rendah dan kualitas imannya rendah. Seharusnya siaran religi berisikan siraman rohani atau ajaran dan sunah rosullullah saw yang dapat memperkokoh keimanan kita.


dampak komodifikasi dalam dunia hiburan seperti sinetron realigi di atas yaitu:

a. akan menimbulkan kesalahan persepsi masyarakat terhadap acara tersebut yang dapat membahakan keimanan mereka

b. akan merugikan agama yang di jadikan back ground acara tersebut, karena bertentangn dengan ajaran agama tersebut.

c. media massa akan tumbuh besar dengan mengenyampingkan aspek-aspek lain disekelilingnya, yang akan menjatuhkan atau mematikan potensi objek lain karena program tayangannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar